Tips Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga



Siapapun menginginkan sehat di sepanjang hidupnya, Saran- saran untuk menjadikan hidup sehat pun sudah banyak dibagikan dimana- mana, kami coba rangkum menjadi 10 tips tentang menjaga kesehatan serta memperbaiki pola hidup yang kurang sesuai  untuk hidup sehat.


Perhatikan pola diet Anda

Makanan sangat menentukan status kesehatan kita. Secara umum, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam, gula, lemak jenuh (daging, produk susu olahan),  margarines. Sebagai pengganti dan penyeimbang disarankan lemak tak jenuh (minyak sayur, minyak ikan, minyak nabati), buah-buahan, sayuran dan gandum utuh.

Untuk alasan yang sama, akan  lebih baik untuk menghindari makanan instan dan junk food.


Berolahraga rutin

Kegiatan fisik sangat baik untuk tetap dijaga rutinitasnya, sebab berdasarkan penelitian rutinitas berolahraga mampu meningkatkan umur panjang dan membantu untuk mencegah penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Bagi Anda yang merasa tidak memiliki waktu khusus untuk berlatih olahraga, dianjurkan untuk membiasakan diri untuk selalu berjalan kaki 30 menit perhari pada kecepatan yang stabil.


Cukup minum air Putih

Air sangat penting untuk semua proses kehidupan, dan biasanya dianjurkan untuk minum 1-2 liter per hari.

Sensasi Rasa Haus yang kadang kita rasakan dalam keseharian merupakan suatu indikasi bahwa anda  mengalami dehidrasi, jadi  akan sangat penting untuk segera mengkonsumsi Air putih di sepanjang hari.


Mengurangi Konsumsi Kopi dan beralihlah dengan Teh

Setiap  bangun pagi, mengkonsumsi teh, dan terutama teh hijau, adalah alternatif yang hebat untuk menggantikan kopi. Sebab Teh , itu jauh lebih kaya antioksidan yang mencegah penyakit kardiovaskular, kanker tertentu dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan penuaan.

Namun Kopi juga memiliki manfaat dengan caffeinnya untuk memberikan efek penenangan dan ada yang berpendapat untuk meningkatkan energi ( jauh lebih baik daripada mengkonsumsi minuman berenergi), membatasi dalam mengkonsumsinya adalah sangat bijak untuk kesehatan anda.

Disarankan untuk mengkonsumsi kopi maupun Teh tanpa gula, apalagi krim, agar manfaat alami dari teh dan kopi dapat bermanfaat untuk tubuh.


Berhentilah Merokok

Berdasarkan penelitian, Merokok bertanggung jawab untuk banyak gangguan serius seperti penyakit jantung, kanker (dan khususnya kanker paru-paru), infertilitas atau bronkitis kronis. Berhenti Merokok tidak mudah bagi  para pecandunya.

Pikirkan masa depan Anda dan efek buruk  jangka panjangnya, dan keputusan berhenti mengkonmsumsinya menentukan langkah menuju kesehatan yang lebih baik.

Tips berdasarkan pengalaman pribadi, berhenti total adalah langkah terbaik daripada mengawalinya dengan mengurangi.Sayangilah tubuh anda dan Masa depan Anda.


Mencoba untuk membatasi duduk di tempat kerja

Bekerja di Kantor dengan keseharian bekerja dengan duduk di depan komputer, diyakini menjadi salah satu penyebab obesitas dan masalah nyeri punggung.

Membiasakan waktu makan siang untuk bergerak (berjalan mencari tempat makan)salah satu cara relaksasi terhadap tubuh setelah selama beberapa jam kurang  dalam menggerakkan tubuh.

Sejenak bergerak dan berjalan di  tempat kerja sekedar mengambil air minum juga menjadi salah satu cara melakukan relaksasi serta sejenak merefresh konsentrasi terhadap pekerjaan.


Tidur nyenyak

Tubuh kita melakukan reduksi terhadap jaringan tubuh setiap malam pada saat kita beristirahat, untuk itu sangatlah penting meningkatkan kualitas tidur Anda.

Rata- rata orang dewasa memerlukan lama  jam tidur antara 7 -- 9 jam dalam sekali istirahat setiap harinya, Jadi semua tergantung dari Anda bagaimana mempergunakan waktu sebaik-baiknya untuk beristirahat yang berkualitas setelah seharian beraktifitas.


Bersantai

Peningkatan jumlah kegiatan sehari-hari dapat  meningkatkan  stres bahkan menjadikan depresi, sehingga sangat penting untuk mengambil istirahat dalam upaya menstabilkan gaya hidup  seseorang.Meluangkan waktu untuk secara teratur dengan refreshing akan membuat hidup Anda menjadi lebih berkualitas, Berlibur, Membaca, dan Menonton film dapat menjadi alternatif Anda sejenak bersantai


Hang Out

Dengan bergabung dalam suatu komunitas, klub, ataupun tim olahraga, memungkinkan untuk mengeksplor diri, dan sebagai sarana bersosialisasi dengan teman se komunitas baik di saat berlatih maupun hang out bersama, selain mampu meningkatkan kesehatan  fisik serta mental, juga meningkatkan kepercayaan diri serta membangun semangat solidaritas yang berguna untuk relaksasi pikiran, sehingga mampu memberikan nuansa lain dari kehidupan, serta mampu mengisi ruang kosong dari kehidupan anda.


Memiliki gairah dan motivasi hidup sehat

Setiap kegiatan ataupun aktifitas apapun yang dilakukan, merupakan salah satu cara untuk memotivasi serta membantu memaknai hidup yang berguna untuk membangun mental dan psikologis, namun terobsesi terhadap suatu kegiatan karena ada tujuan tertentu juga bisa menyebabkan depresi. 

Memiliki semangat beraktifitas dan memotivasi diri sendiri agar menjadikannya sebagai kegiatan yang menyenangkan, tanpa beban  dan memberikan semangat hidup, akan memberikan dampak positif daripada beraktifitas dengan selalu diwarnai target dan kompetisi.



Referensi dari beberapa sumber


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Sindrom Kaki Gelisah yang dapat Merusak Kualitas Istirahat Anda

Cara yang Benar Dalam Memberikan MPASI Bagi Sang Buah Hati