Kalau ke Sukabumi, yuk Mampir ke Air Panas Cisolok



Destinasi berlibur atau berwisata di kota Sukabumi, Jawa Barat sangatlah banyak. Pelabuhan Ratu beserta pulau-pulau di sekelilingnya pasti sudah menjadi andalan tempat wisata jika ke kota Sukabumi. Tak kalah menariknya di Sukabumi juga ada pemandian air panas dimana kita bisa berendam sehingga tubuh akan bugar kembali. Pemandian itu bernama pemandian Air Panas Cisolok.

Keunggulan pemandian Air Panas Cisolok ini adalah keindahan air mancurnya yang tidak mengandung belerang. Selain itu timbunan bebatuan yang mengelilingi setiap semburan air panas ini layaknya suasana pemandian khas pedesaan yang masih alami.


Fasilitas di Air Panas Cisolok

Sebagai suatu pemandian air panas yang telah resmi dijadikan sebuah tempat wisata, tentunya pihak pengelola menyediakan banyak fasilitas pendukung. Tujuannya satu yaitu dapat meningkatkan kenyamanan dan ketenangan para pengunjungnya saat berendam di air panas untuk melepas penat dan lelah. Jadi beberapa fasilitas umum seperti lahan parkir, toilet dan mushola sudah cukup memadai.

Tak hanya itu, di sini juga dapat ditemukan pula fasilitas kamar terapi pengobatan dari kepala hingga kaki. Sistem pengobatannya yaitu para pengunjung yang berminat akan disemprot dengan air panas dengan suhu di bawah 40 derajat celcius. Jangan khawatir, karena pengobatan ini dilakukan oleh petugas yang sudah ahli.

Hal unik yang dapat kita jumpai di pemandian air panas ini adalah penjual telur. Di sini pengunjung dapat membeli dan memasak telur sendiri dengan merendamnya secara langsung dalam sungai Cipanas. Waktu pemasakan dan perendaman telurnya juga singkat. Jadi telur khas air panas Cisolok ini dapat langsung segera disantap.


Keindahan Air Panas Cisolok

Konon pemandian air panas ini ditemukan oleh orang Belanda yang tinggal di Sukabumi. Tak hanya itu, sumber air panas ini juga merupakan tempat favorit para warga Belanda pada masa itu.

Keunikan Air Panas Cisolok yang membedakannya dengan pemandian air panas lainnya adalah letaknya yang berada di daerah pantai. Tidak berada di pegunungan seperti kebanyakan pemandian air panas lainnya. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung air panas yang menyembur dari celah bebatuan di tengah sungai.

Wisata alam pemandian air panas ini berasal dari geyser atau air panas yang melewati kerak bumi dimana tekanan dari dalam perut bumi sangatlah besar. Sehingga menyebabkan air tanah bersuhu tinggi dan air panas tersebut menyembur keluar. Karena sumber mata airnya berasal dari geyser, maka pemandian air panas ini tidak mengandung belerang. Tak usah khawatir karena kandungan mineral yang tinggi dalam air panas ini mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan rematik.

Di Air Panas Cisolok ini ada tiga titik sumber air panas dengan suhu sekitar 80 derajat celcius. Para pengunjung dilarang untuk bermain dekat dengan semburan air panas ini karena panasnya yang cukup berbahaya. Jadi cukup bermain dengan cara berendam di aliran sungai saja yang tidak kalah serunya.

Pemandian air panas ini terbagi menjadi dua 2 kategori pengunjung. Pertama pengunjung yang ingin menikmati air yang menyembur dapat menceburkan diri di sungai. Sedangkan kategori kedua adalah pengunjung yang ingin lebih privat dan santai dapat memilih ke wilayah kolam yang telah disediakan. Di kolam yang sudah disediakan oleh pihak pengelola ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan khas yang berada di Pelabuhan Ratu.


Hunting Foto di Air Panas Cisolok

Lutung dan kera yang bergelantungan di pepohonan yang mengelilingi pemandian air panas ini begitu menggemaskan dan menarik dijadikan objek foto. Selain itu bebatuan yang ada di sungai tempat air panas bersemburan juga dapat menjadi latar belakang foto yang bagus. Tiga titik semburan yang menyembur dari sumber air panas ini juga sangat sayang jika tidak diabadikan dengan jepretan kamera.


Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Panas Cisolok

Pemandian air panas ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore hari. Harga tiket masuk pemandian air panas ini sebesar Rp 30.000. Sedangkan harga tiket masuk kendaraannya bervariasi tergantung jenis kendaraan. Dari mulai Rp 1.000, Rp 3.000, Rp 8.000, Rp 13.000 dan Ro 25.000.

Untuk fasilitasnya dikenakan biaya sebesar Rp 1.000 saja. Sementara kolam renang yang dapat dipakai per orangan biayanya sebesar Rp 5.000 per jam. Selain itu untuk mandi berendam di kamar mandi tertutup dikenakan biaya sebesar Rp 15.000. Untuk mengikuti terapi air panas oleh tenaga ahli dikenakan biaya Rp 35.000 dengan harga yang bisa berubah sewaktu-waktu.


Akses Lokasi Menuju Air Panas Cisolok

Lokasi pemandian air panas ini berada di Desa Cisolok Kecamatan Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Jarak sumber air panas ini dari Pelabuhan Ratu sekitar 15 kilometer. Jika dari pusat Kota Bandung jaraknya sekitar 165 kilometer.

Untuk mencapai pemandian ini tidaklah sulit. Jika kita berangkat dari Pelabuhan Ratu, pilihlah arah barat sehingga akan melewati wisata pantai Karanghawu, Citepus dan Cibangban. Setibanya di pertigaan Cisolok, ambillah arah kanan untuk menikmati sensasi pemandian air panas ini. Begitu sampai di parkiran, kita harus jalan kaki melewati jembatan gantung untuk sampai di lokasi pemandian Air Panas Cisolok.


Tips Berlibur di Air Panas Cisolok

* Bawalah handuk sendiri karena di pemandian ini tidak menyediakan handuk.

* Perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi karena cairan tubuh yang banyak menguap.

* Jagalah kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.


Jika berkunjung ke kota Sukabumi apalagi ke Pelabuhan Ratu, jangan lewatkan untuk mampir sejenak ke Pemandian Air Panas Cisolok ini. Sensasi berendam yang nantinya membuat tubuh kita menjadi lebih segar disertai pemandangan alamnya yang indah sudah tak dapat disangkal lagi. Tentunya akan menjadi pengalaman berendam yang berkesan dan tak terlupakan.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Buah Badam/Almond

Mengapa Berjejaring itu Penting?