Berpuasa Untuk Detoksifikasi



Puasa merupakan salah satu aktivitas yang lekat dengan ibadah umat Muslim. Puasa adalah aktivitas menahan makan dan minum, serta menghindari berbagai tindakan yang membatalkan puasa. Puasa selain sebagai bentuk ibadah kepada Sang Pencipta, ternyata juga merupakan suatu aktivitas yang dapat meningkatkan kondisi kesehatan.

Banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan bahwa puasa memiliki banyak kelebihan untuk kesehatan manusia. Bahkan tidak hanya umat Muslim saja yang merasakan manfaat berpuasa, banyak pula umat nonMuslim yang melaksanakan metode berpuasa untuk kesehatan mereka.

Bahkan berbagai penelitian tentang khasiat berpuasa kebanyakan dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan nonMuslim. Lalu apa saja manfaat puasa bagi kita? Banyak beberapa manfaat puasa yang disarankan pada berbagai penelitian, di antaranya adalah sebagai upaya 

Detoksifikasi.

Setiap harinya, tubuh Anda terkontaminasi dengan semua benda yang ada di sekitar lingkungan. Entah itu udara, makanan, buah, sayuran dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut tentu dapat memberikan manfaat baik maupun manfaat buruk pada tubuh.

Apabila makanan yang Anda konsumsi itu tak terjamin kebersihan ataupun kandungan gizinya, maka hal tersebut tentu dapat memicu masuknya racun ke dalam tubuh.

Untuk membuang racun di dalam tubuh tidak perlu mengeluarkan biaya banyak, Anda bisa melakukan rutinitas seperti biasanya. Dimulai dari kebiasaan kecil yang Anda lakukan, seperti rajin berolahraga, banyak minum air putih, konsumsi buah dan sayuran, berbagai bumbu dapur seperti bawang putih, jahe, temulawak juga dapat membantu mengeluarkan racun di tubuh, menghindari minuman beralkohol serta rokok, dan kafein.

Berpuasa

Ketika Anda berpuasa selama seharian penuh, tubuh Anda tak akan dimasuki makanan maupun minuman sedikitpun. Ketika proses ini terjadi, organ di dalam tubuh Anda sebenarnya melakukan rangkaian pembersihan racun. Berpuasa juga merupakan waktu untuk beristirahat bagi setiap organ.

Waktu istirahat ini dimanfaatkan oleh organ tubuh untuk menata fungsinya, penyegaran organ, maupun pemulihan organ tubuh. Jadi sebaiknya Anda tak perlu memikirkan pikiran berat agar dapat membantu mengoptimalkan proses istirahat dari organ tubuh.

Namun, ketika waktu berbuka puasa sudah sampai waktunya, Anda juga harus tetap memikirkan takaran gizi seimbang dalam menu berbuka Anda. Jangan sampai cara mengeluarkan toksin dalam tubuh ini menjadi percuma karena Anda makan sembarangan saat berbuka.

Tata Cara Berpuasa yang Baik dan Menyehatkan

Berpuasa merupakan ibadah yang menyehatkan, apalagi jika dilakukan dengan tata cara yang benar. Manfaat berpuasa bagi kesehatan erat kaitannya dengan aktivitas sahur dan berbuka.

Kebanyakan orang berbuka dengan makanan secara berlebih sebagai bentuk "pelampiasan" karena lebih dari 12 jam tidak makan dan minum. Pada saat sahur banyak juga yang melewatkannya dengan alasan malas.

Apakah tindakan itu benar? Lalu bagaimana tata berpuasa yang benar sehingga puasa menjadi aktivitas yang menyehatkan?

Usahakan selalu sahur 

Sahur penting dilakukan untuk menyiapkan energi beraktivitas pada siang hari, juga menurunkan keasaman lambung sehingga menghindari gangguan pencernaan.

Hindari tidur setelah sahur

Saat tidur, gerakan saluran cerna akan meningkat sehingga lambung akan lebih cepat mengalami kekosongan.

Lakukan aktivitas positif saat puasa

Selain penuh berkah dan pahala, melakukan aktivitas positif juga baik untuk mencegah gangguan pencernaan.

Sahurlah dengan makanan yang bernutrisi

Akan lebih baik dengan nutrisi 4 sehat 5 sempurna.

Makanlah sesuai anjuran Rasulullah

Yakni berhenti makan sebelum kenyang.

Menyegerakan berbuka dan makan malam

Berbukalah dengan makanan yang manis alami seperti buah kurma atau buah-buahan yang kaya serat sehingga tubuh akan memperoleh energi dan cairan yang cukup. Minum air putih yang hangat.

Saat sahur dan berbuka

Konsumsilah makanan yang mencukupi nutrisi tubuh, seperti sayuran dan buah, nasi atau penggantinya, serta daging atau penggantinya

Banyaklah berbagi saat puasa

Tahukah Anda bahwa saat bulan puasa pahala kita akan berlipat ganda? Karena itu, banyaklah berbagi terutama kepada mereka-mereka yang membutuhkan.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Buah Badam/Almond

Mengapa Berjejaring itu Penting?