Langkah-langkah yang Penting untuk Atasi Stres pada Anak



Kemampuan mengelola stres tak hanya penting bagi orang dewasa. Anak masa kini juga menghadapi setumpuk tantangan. Yuk, ajari mereka mengelola stres.

Si kecil tiba-tiba mudah menangis, atau menarik diri dari aktivitas yang biasanya disukai? Bisa jadi ia mengalami stres.

Ya, sama seperti orang dewasa, anak-anak pun tak lepas dari kondisi stres. Stresor atau penyebab stres pada anak umumnya berkaitan dengan situasi yang ia hadapi sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah. Misalnya, ada anak yang stres ketika memiliki adik bayi, atau karena kesulitan yang dihadapi di sekolah.

"Stres pada anak bisa muncul dari berbagai sumber. Misalnya, seberapa mampu ia menjalani aktivitas di sekolah, menjalin dan mempertahankan pertemanan, dan mengelola tuntutan atau harapan orangtua, guru, maupun pelatih," ungkap Aurora Lumbantoruan, M.Psi., dari Keara Konsultan.

"Kondisi hubungan dengan keluarga dan adanya permasalahan di rumah - bila ada peristiwa negatif atau musibah - juga bisa berkontribusi dalam menimbulkan stres yang dialami anak," papar Aurora.

Lebih jauh Aurora mengingatkan bahwa stres bersifat subjektif.

"Setiap anak bisa saja merasakan stres akan satu hal, tapi tidak terlalu stres atau terganggu akan hal lain," paparnya. "Ini tergantung pada kapasitas berpikir, berkomunikasi, mengelola emosi yang dialami, dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan."

Umumnya, anak belum mampu mengungkapkan kalau dirinya stres. Kata-kata yang mungkin digunakan untuk menyatakan stres, misalnya, adalah khawatir, bingung, sedih, terganggu, marah, dan perilaku yang mengikuti perasaannya tersebut (menangis, agresif, murung).

Di sinilah orangtua perlu memahami setiap perubahan perilaku yang negatif, yang bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah atau yang sedang mengganggu pikiran atau emosi anak. Bentuk stres sendiri umumnya berupa perubahan emosi atau mood, dan perilaku.

Aurora mengungkapkan sejumlah riset yang menemukan perbedaan reaksi dalam anak perempuan dan laki-laki ketika menghadapi stres. Anak perempuan cenderung mencari dukungan sosial dan berusaha menyelesaikan masalah, dan anak laki-laki cenderung menghindar.

"Anak perempuan juga cenderung lebih mudah mengkomunikasikan perasaannya dan menunjukkan emosinya. Karena itu, mereka dianggap lebih mudah mengalami stres," jelas Aurora.

Sementara itu, reaksi anak terhadap stres bisa berupa reaksi secara internal dan eksternal. Reaksi internal muncul dalam pikiran dan perasaan, seperti bingung, khawatir, sedih, kecewa, marah, dan berpikir tidak bisa melakukan aktivitas tertentu.

Reaksi secara eksternal adalah saat anak mengekspresikan rasa marah atau sedih, namun lebih sering secara tidak langsung. Misalnya, menampilkan perilaku mengganggu orang lain atau agresif. Atau, ia mogok sekolah, dan merasa selalu sakit ketika mau sekolah.

"Orangtua harus peka terhadap perubahan perilaku anak, baik di rumah dan di sekolah," pesan Aurora. "Berkomunikasilah dengan orang dewasa yang berinteraksi dengan anak, sehingga ia bisa menemukan penyebab stres yang dialami."

Psikolog ini menggarisbawahi risiko bila stres pada anak tidak diatasi dengan baik, seperti emosi atau perasaan negatif yang bertumpuk dan membuat masalah semakin berat atau sulit ditangani. Stres pada anak juga bisa berujung pada gangguan perilaku, seperti perilaku agresif atau kenakalan.

Saat menginjak remaja, ia bisa rentan melakukan perilaku berisiko, seperti seks bebas dan aksi pelanggaran hukum, seperti mencuri dan penggunaan narkoba.

Untuk mengajak anak mengatasi stres dengan baik, Cecilia Helmina Erfanie, M.Psi., Psikolog, psikolog klinis anak dan remaja dari Pion Clinician, menekankan pentingnya keterampilan mengelola emosi pada anak.

"Keterampilan ini sangat perlu untuk diajarkan sedini mungkin, sehingga anak dapat mengolah emosi ketika berhadapan dengan situasi atau kondisi yang menekan, seperti menghadapi kondisi atau kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan," papar Cecilia.

Menurut Cecilia, untuk mengajarkan hal ini, orangtua perlu menciptakan pola asuh anak yang terbuka, di mana orangtua dan anak dapat mengungkapkan isi hati dan keinginan masing-masing.

"Ciptakan komunikasi dua arah dengan anak, sehingga anak dapat secara terbuka mengungkapkan apa yang ia rasakan. Berikan penjelasan kepada anak bahwa ia harus mampu melindungi dirinya sendiri dari situasi yang kurang menyenangkan atau mengancam," pesan Cecilia.

"Hal ini menjadi penting untuk membangun daya tahan anak terhadap situasi yang kurang menyenangkan. Selain itu, anak harus diberikan rasa percaya diri yang lebih sehingga ia memiliki kemampuan untuk melindungi dirinya dari situasi yang kurang menyenangkan," paparnya lagi.

Apa indikator keberhasilan dalam mengajar anak mengelola stres?

"Ketika perilaku negatif atau perubahan pada diri anak mulai berkurang, dan anak terlihat lebih rileks," jelas Aurora. "Namun sebaliknya, bila anak terlihat butuh bantuan, orangtua dapat mulai mencari tenaga profesional, seperti guru BP/BK atau psikolog sekolah."

Tak lupa ia menekankan agar orangtua berupaya anak merasa nyaman untuk bicara dengan orangtua. Kadang kala anak sangat takut menyampaikan sesuatu karena takut dimarahi atau mendapat hukuman. Yakinkan anak bahwa Anda akan berusaha membantunya.

"Luangkan waktu secara rutin untuk mengobrol, karena belum tentu dalam satu kali percakapan anak bisa menyampaikan kegundahannya. Nah, ketika anak mulai terbuka, sampaikan apresiasi karena sudah mau terbuka," tegas Aurora.

"Bicaralah dengan tulus dan tidak dibuat-buat, karena anak bisa merasakan bila Anda tidak terlalu peduli atau menganggap apa yang ia alami adalah penting," Aurora mengingatkan.

Terakhir tapi tak kalah penting, orangtua perlu membekali anak dengan kemampuan sosial atau bersosialisasi, sebelum ia terjun ke lingkungan sosial di luar keluarga.

"Anak yang memiliki kemampuan sosial yang baik diharapkan dapat menempatkan diri di lingkungan dengan baik, sehingga ia siap menghadapi stresor yang mungkin terjadi," pungkas Cecilia 


Gejala Stres Anak

* Mudah tersinggung atau menangis.
* Menarik diri dari aktivitas yang biasanya disukai.
* Sering mengeluh tentang sekolah atau khawatir akan sesuatu.
* Menunjukkan reaksi ketakutan atau kaget.
* Manja dengan orangtua atau guru.
* Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
* Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit.


Langkah Penting Atasi Stres Anak

* Ajarkan anak memiliki pola hidup atau rawat diri yang teratur, sehingga ia memiliki waktu makan dan istirahat yang cukup. Salah satu pemicu stres anak zaman sekarang adalah jadwal yang terlalu padat. Karena itu, orangtua perlu berdialog dengan anak, bila terindikasi anak memiliki terlalu banyak aktivitas.

* Ajarkan anak untuk peka akan kondisi tubuhnya. Bila mulai terasa lapar, haus, dan lelah, maka tubuh membutuhkan makanan, minuman dan beristirahat sejenak untuk mengumpulkan energi.

* Orangtua perlu mengelola stres pribadi. Stres yang kita alami dapat memengaruhi perilaku dan ekspresi emosi kita dalam berinteraksi dengan anak maupun dengan orang lain di rumah.

* Orangtua perlu menjadi teladan dalam mengelola stres. Misalnya, ketika kita terlihat sangat sibuk, tergesa-gesa, mengeluh atau marah-marah, segera hentikan sejenak aktivitas kita, tarik napas dan tenangkan diri.

* Persiapkan anak saat melakukan kesalahan atau menghadapi kegagalan. Bantu anak menemukan cara memperbaiki, mengambil hikmah, menerima kegagalan, dan mencoba lagi. Ingatkan anak bahwa kegagalan merupakan proses belajar menuju keberhasilan.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Buah Badam/Almond

Mengapa Berjejaring itu Penting?