Bagaimana Agar Permohonan Kartu Kredit Dipermudah?



Saya ingin sekali mempunyai Kartu Kredit sebagai alat pembayaran tiket pesawat. Tapi saya tidak mau terbelit utang. Saya pasti akan segera membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Bagaimana agar permohonan Kartu Kredit dipermudah? Apalagi saya adalah seorang freelancer yang tidak memiliki slip gaji dan tidak memiliki gaji yang tetap. Nama saya Tono, tinggal di Jakarta.

Membuat kartu kredit pada zaman sekarang ini sudah dipandang sebagai salah satu cara menopang gaya hidup yang dapat membantu seseorang melakukan pembayaran terhadap barang-barang guna memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dibayar tunai. Pandangan ini membuat semakin banyak pihak yang ingin memiliki kartu kredit. Tak ayal, pengajuan aplikasi dari para nasabah membanjiri bank-bank penerbit kartu kredit. Namun apakah semua akan disetujui? Jawabannya, belum tentu.

Ketika pihak bank mempertimbangkan untuk menyetujui atau tidak permohonan aplikasi kartu kredit, biasanya mereka akan memprioritaskan orang-orang yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya. Hal ini dikarenakan bank dapat mengetahui kinerja keuangan dari seseorang yang memohon dari riwayat kartu kredit yang telah dimilikinya. Jadi, saat ada permohonan aplikasi kartu kredit pertama dari pengusaha atau pun pekerja baru, biasanya akan lebih sulit.

Simak jawaban pertanyaan Tono (di paragraf pertama di atas) dari Godo Tjahjono, SE, M.Si, Managing Director Decision, Praktisi Bisnis dan Keuangan Sektor Riil, berikut ini.

Untuk memiliki kartu kredit memang terdapat berbagai persyaratan, di antaranya orang yang mengajukan aplikasi kartu kredit harus dapat membuktikan secara tertulis memiliki penghasilan dan atau sejumlah dana yang dapat digunakan untuk membayar tagihan. Ada bank yang otomatis menawarkan kartu kredit pada nasabahnya yang menyimpan dana di bank tersebut dengan nilai yang besar untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun pada umumnya aplikasi kartu kredit disetujui untuk mereka yang memiliki penghasilan tetap yang dibuktikan dengan slip gaji. Kondisi saudara Tono sebagai freelancer dapat saya katakan sulit menyetujui aplikasi kartu kredit yang diajukan. Saat ini pada umumnya bank-bank penerbit kartu kredit hanya menyetujui 10-30 % aplikasi yang masuk dengan mengutamakan karyawan tetap di perusahaan yang sudah berjalan cukup lama. 

Karena itulah sebagian orang memanipulasi dengan memberikan data dan nomor kontak yang sudah direkayasa agar aplikasinya disetujui.

Namun semua perilaku tidak jujur pasti akan mengundang akibat negatif pada akhirnya.

Saya menyarankan bila hanya digunakan untuk alasan kepraktisan, sebaiknya saudara Tono mencari alternatif cara pembayaran yang lain. Misalnya dengan kartu debit yang memiliki jaringan internasional, yang juga dapat diterima di semua tempat atau merchant yang menerima kartu kredit dengan logo sama.

Selain itu yang bisa digunakan adalah dengan internet banking yang kini di beberapa bank sudah dapat pula digunakan untuk membayar tiket pesawat. Sekian jawaban saya, semoga puas.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Sindrom Kaki Gelisah yang dapat Merusak Kualitas Istirahat Anda

Ada Pelangi Sehabis Hujan