Inilah Kiat-kiat untuk Mengatasi Ketombe


APA Ketombe adalah salah satu bentuk peradangan kulit (dermatitis) kronis di kepala. Penyebabnya bisa berbagai faktor yang berbeda dan karenanya tidak bisa diatasi dengan shampoo atau obat luar saja. Umumnya dihubungkan dengan kondisi yang disebut seborrhea, yaitu pengeluaran minyak berlebihan oleh kelenjar sebaceous (kelenjar minyak kulit). Minyak inilah yang mengikat sel-sel mati pada kulit kepala menjadi plak pembentuk serpihan berwarna perak keabu-abuan, yang kita sebut ketombe.

Pada kasus lain, ketombe juga ada hubungannya dengan makanan. Misalnya kurang makan sayuran, konsumsi berlebihan gula/karbohidrat, lemak jenuh/gorengan, garam, kopi, dan minuman keras, atau alergi terhadap makanan seperti susu, gandum, buah-buahan sitrus, dsb. Kemungkinan lain adalah defisiensi nutrisi yang menyebabkan gangguan pada fungsi kelenjar minyak. Banyak penelitian menemukan hubungan ketombe dengan defisiensi asam lemak esensial, vitamin A, vitamin B kompleks, dan mineral seng yang cukup parah.

Iritasi dan peradangan pada kulit kepala juga bisa terjadi akibat penggunaan shampo yang pH atau derajat keasamannya tidak sesuai dengan kulit kepala, pengering rambut terlalu panas, dan cat atau obat rambut yang terlalu keras. Stres dan perubahan hormonal juga dapat mengkontribusi terjadinya ketombe.

SUPLEMEN Rambut dan kulit kepala sangat peka terhadap ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Kurang vitamin A, misalnya, menyebabkan kulit bersisik. Tapi kebanyakan (lebih dari 100.000 IU/hari dan jangka waktu lama) bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk masalah kulit/ketombe gunakan dosis 25.000 IU, 1-2 kali sehari saja. Jika sudah sembuh cukup disuplai dari makanan saja. Vitamin B kompleks dapat menguatkan kulit kepala dan mencegah rambut rontok. Dosis 50 mg 2 kali sehari dan pilih yang tidak mengandung yeast (ragi). Mineral zinc atau seng (15 mg sehari) juga tidak kalah penting. Selain menjaga agar kulit dan rambut sehat, zinc juga mempercepat penyembuhan luka dan iritasi kulit. Jika menggunakan zinc lebih dari sebulan, tambahkan 2 mg copper (tembaga). Suplemen asam lemak esensial seperti omega-3 dan GLA (gamma-linolenic acid) juga menyediakan berbagai manfaat bagi rambut dan kulit. Omega-3 (dalam bentuk minyak ikan atau minyak flaxseed 2 sendok teh sehari) membantu melembabkan, sekaligus mengurangi gatal dan sisik pada kulit kepala. Sedangkan GLA (terdapat pada minyak evening primrose, dosis 1000 mg 2-3 kali sehari) berguna mengendalikan peradangan pada kulit dan mengurangi reaksi alergi.

APA YANG DAPAT ANDA LAKUKAN

Perbaiki pola makan: Banyak makan buah dan sayuran segar. Hindari karbohidrat halus (termasuk gula) dan lemak jenuh. Makan lebih banyak sayuran (terutama yang mentah) dan protein nabati seperti biji bunga matahari, biji labu kuning, kacang-kacangan (tidak digoreng), polong-polongan, dan tahu.
Cuci rambut dengan shampoo khusus anti-ketombe. Hindari zat kimia keras seperti klorin dalam kolam renang, cat rambut, obat keriting/pelurus rambut.
Hindari panas tinggi dari alat pengering atau pengering rambut.
Lindungi kepala dan rambut dari sengatan sinar matahari langsung.
Lakukan pijat kepala seminggu sekali untuk melancarkan peredaran darah sekaligus mengurangi stres, salah satu faktor pemicu ketombe.

PERHATIAN

* Periksakan ke dokter jika bagian kulit yang bersisik semakin meluas, meradang, atau gatal.

* Konsultasikan dengan dokter atau ahli terapi nutrisi sebelum menggunakan suplemen apa pun.


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Pemanis Buatan Sama Berbahayanya Dengan Pemanis Alami

Mengenal Buah Badam/Almond