Tampil Awet Muda Karena Olahraga

Sebelum Anda membeli krim anti-penuaan, pastikan Anda sudah mencoba cara yang lebih alami, yakni berolahraga. Ini didukung hasil studi ilmiah, lho.

       Menurut studi yang telah dipresentasikan di American Medical Society for Sports Medicine, olahraga bisa menjaga kenudaan kulit dan memulihkan tanda-tanda penuaan bagi mereka yang baru mulai berolahraga di usia lanjut.
       Studi yang dilakukan tim ilmuwan dari McMaster University, Ontario, ini meneliti sejumlah partisipan, lelaki maupun perempuan, dari usia 20 - 84 tahun. Separuh mengaku berolahraga teratur, separuh lagi tidak.
Kemudian, peneliti mengambil sampel kulit dari bagian bokong partisipan.
       Mengapa bokong? Mark Tarnopolsky, profesor kesehatan olahraga di McMaster, menjelaskan bahwa studi ini membutuhkan bagian kulit yang paling tidak terpapar sinar matahari. Sampel kulit tersebut akan diperiksa dengan mikroskop untuk meneliti tanda-tanda penuaan.
        Dari sini, para peneliti mendapati bahwa setelah usia 40, kelompok yang berolahraga teratur memiliki kulit lebih sehat. Komposisi kulit mereka mirip orang usia 20 atau 30, bahkan meski usia mereka sudah di atas 65.
        Selanjutnya, peneliti meminta kelompok yang tidak bergaya hidup aktif untuk mulai berolahraga. Partisipan dalam kelompok ini berusia 65 tahun lebih dan memiliki kulit normal sesuai usia. Selama
tiga bulan, mereka diminta menjalani program latihan dua kali seminggu, entah jogging atau bersepeda.
        Pada akhir studi, tim ilmuwan kembali mengambil sampel kulit partisipan. Hasilnya? Kulit partisipan sebelum dan sesudah program olahraga menunjukkan perbedaan. Di bawah mikroskop, tampak bahwa lapisan kulit luar maupun dalam dari partisipan yang berusia 65 tahun ke atas menjadi mirip dengan kulit partisipan yang berusia 20 sampai 40.
        Bagaimana olahraga mengubah komposisi kulit kita? Dalam studi lanjutan, peneliti mendapati perubahan dalam tingkat substansi yang dihasilkan otot-otot yang bekerja.
Substansi tersebut adalah myokine, yang memasuki aliran darah dan memicu perubahan dalam sel-sel.
        Nah, tunggu apa lagi? Segera kenakan sepatu olahraga Anda!

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Pemanis Buatan Sama Berbahayanya Dengan Pemanis Alami

Mengenal Buah Badam/Almond