Hati-Hati Dengan Sisi Gelapmu

       Setiap orang mempunyai dua sisi yang berbeda dari kehidupannya. Seorang penulis sekaligus komedian ternama dari Amerika, Mark Twain, mengatakan, "Everyone is like a moon and has a dark side he never shown to anybody." Artinya, setiap orang seperti bulan yang mempunyai sisi gelap yang tidak pernah ia perlihatkan kepada orang lain. 

      Dua sisi yang dimaksud adalah sisi terang dan sisi gelap. Sisi terang merupakan masa hidup seseorang yang gemilang atau kesuksesan seseorang yang diraih dalam hidup. 

      Misalnya pekerjaan, keluarga, ekonomi, dan lain sebagainya. Termasuk dalam hal kerohanian, yaitu seseorang memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan. Sedangkan sisi gelap, merupakan hal yang perlu diwaspadai. Dalam kondisi jiwa yang tak terkendali, bagian inilah yang sering merampas kegemilangan dan kesuksesan seseorang. 

      Contohnya, orang-orang yang dipandang sudah sukses di dalam hidup mereka, seperti para seniman, politikus, bahkan pemuka agama yang tersohor, akhirnya dirusakkan oleh sisi gelap mereka sendiri, yaitu dengan perbuatan menyimpang. Biasanya masyarakat umum mulai menghujat dan menjauhi mereka, saat sisi gelapnya terungkap. 

      Sebuah film berjudul Dr. Jekyll and Mr. Hyde, karya sastrawan Inggris terkemuka, Robert Louis Stevenson, menceritakan seorang dokter ternama yang mempunyai dua sisi kepribadian.

      Di suatu waktu, dia adalah seorang dokter yang mengobati dan membantu menyelamatkan nyawa orang. Namun pada waktu yang lain, setelah meminum ramuan tertentu, dia pun berubah seperti malaikat pencabut nyawa yang berbahatya. Seorang psikolog terkenal, Carl Gustav Jung, menyebutkan bahwa dalam diri setiap orang terdapat bagian yang disebut dengan shadow atau bayangan. 

      Shadow ini merupakan pribadi yang berisi sisi gelap, yang merupakan kumpulan insting dan dorongan-dorongan negatif dalam kehidupan manusia.
       Dalam istilah kerohanian, sisi gelap dapat diartikan sebagai "kedagingan".  Realita menunjukkan, selalu terjadi pertempuran antara sisi gelap dan sisi terang di dalam diri manusia, hingga memunculkan adanya yang unggul atau menang. Dibutuhkan suatu tindakan nyata di dalam menyikapi sisi gelap di dalam hidup kita. 

       Pertama, menyadari adanya kecenderungan sisi gelap yang ada di dalam diri kita. Atau, mengetahui apa saja yang menjadi kelemahan di dalam diri kita, yang dapat membawa kita jatuh ke dalam dosa. 

     Kedua, menghindar atau menjauhkan diri dari segala hal yang berhubungan dengan kelemahan kita tersebut, yang akan mengakibatkan kit
a dapat terpengaruh. 

      Ketiga, memiliki kepekaan yang baik terhadap suara Tuhan. Kepekaan terhadap suara Tuhan bisa kita dapatkan dengan cara memiliki hubungan pribadi yang baik denganNya, yaitu melalui berdoa dan membaca serta merenungkan firmanNya secara rutin, bahkan melakukan firman yang telah kita renungkan itu di dalam kehidupan kita. Itulah yang bisa membuat kita mengalahkan sisi gelap kita.

                                                                          DOA
Tuhan, tolonglah aku agar dapat mempertahankan sisi terang dalam hidupku. Agar namaMu dimuliakan dalam setiap aspek kehidupanku. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Pemanis Buatan Sama Berbahayanya Dengan Pemanis Alami

Mengenal Buah Badam/Almond