Mana yang lebih Bermanfaat Air Hangat atau Air Dingin?


Minum satu gelas air di pagi hari, sesaat setelah bangun tidur dalam keadaan perut masih kosong menyimpan banyak sekali manfaat. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah mana yang lebih baik bagi tubuh, air dingin atau hangat?

Dikutip dari laman Boldsky , berikut ini beberapa ulasan mengenai air hangat yang dirangkum dari berbagai sumber.

Meredakan rasa gatal di tenggorokan

Segelas air hangat yang Anda minum sesaat setelah bangun tidur memiliki kemampuan untuk meredakan bengkak pada tenggorokan. Selain tenggorokan kering, air hangat dapat mengatasi iritasi pada tenggorokan.

Melancarkan pencernaan

Air hangat yang Anda minum saat keadaan perut masih kosong dapat menstimulasi usus untuk bekerja lebih maksimal. Hal tersebut juga bekerja seperti pembuka jalan agar proses penyerapan makanan sepanjang hari berjalan dengan baik.

Meningkatkan sirkulasi

Air hangat dapat memperlancar aliran darah dalam sistem sirkulasi. Saat tubuh seseorang terekspos panas, maka sel darah yang mengalir akan mengalami peningkatan.


Menurunkan berat badan

Ingin menurunkan berat badan dengan aman? Rutin minum air hangat. Air hangat dapat menekan nafsu makan sekaligus berat dan massa tubuh.

Bagaimana dengan air dingin? Air dingin memang menyegarkan terutama ketika di minum saat cuaca panas. Namun, ada beberapa alasan mengapa air dingin tidak terlalu baik bagi tubuh Anda.

Menurunkan hidrasi

Air dingin menyebabkan pembuluh darah menyempit, itu sebabnya tubuh seseorang yang gemar minum air dingin tidak terhidrasi dengan baik. Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka penyakit seperti susah buang air, pusing bahkan kejang-kejang siap menghampiri Anda.

Menghambat pencernaan

Air dingin hanya membuat tubuh mengalami kesulitan untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi. Alasan utamanya karena cairan dingin membuat lemak menjadi padat sehingga aliran darah terganggu.

Menyebabkan flu

Lendir yang terdapat pada sistem pernapasan dibentuk oleh air dingin. Lendir tersebut menghambat jalannya udara sekaligus meningkatkan risiko terserang infeksi pada tenggorokan (flu).


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Buah Badam/Almond

Mengapa Berjejaring itu Penting?