Mbah Gotho Meninggal Dunia, 30 April 2017


Manusia tertua di dunia, Sodimedjo alias Mbah Gotho meninggal dunia, Minggu 30 April 2017 kemarin. Dilansir dari liputan6.com, Mbah Gotho meninggal diusianya yang menginjak 146 tahun.

“Mbah Gotho meninggal tadi sekitar pukul 17.45 WIB,” ujar Suryanto, salah satu cucu Mbah Gotho, Minggu 30 April 2017 malam.

Mbah Gotho disebut manusia tertua di dunia berdasarkan pengakuannya sendiri yang lantas dimasukkan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dia lahir di Klaten, Jawa Tengah, 31 Desember 1870 lampau.

Artinya, jika pengakuan Mbah Gotho benar, dia hampir berusia 146 tahun, melampaui rekor manusia tertua dari Jepang yaitu 112 tahun.

Namun, umur tak membatasi Mbah Gotho untuk hal-hal tertentu. Pria itu masih bisa menikmati es krim, es teh, dan rokok filter yang diisapnya setiap hari.

Ingatannya bahkan masih cukup kuat ketika bercerita tentang peristiwa lalu, antara lain keberadaan Pabrik Gula Gondang Winangoen di kota kelahirannya, Klaten, Jawa Tengah, yang semula bernama Suikerfabriek Gondang Winangoen semasa penjajahan Belanda.

Sebagai catatan, Pabrik Gula Gondang Winangoen didirikan pada 1860 oleh NV Klatensche Cultuur Maatschappijpabrik dan Pabrik Gula Mojo Sragen pada 1860. Pabrik tersebut masih beroperasi pada, era 1930-an hingga 1942.

Tak bisa dipastikan pada periode mana Mbah Gotho mengingat masa-masa pabrik gula itu, yang bisa menunjukkan kebenaran pengakuan usianya. Masalahnya, tak ada sumber lain yang bisa mengukuhkan pengakuannya.

liputan6.com, bbc.com


Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Waspada Terhadap 6 Penyakit Ini Yang Ditandai Dengan Gejala Meriang

Kalau ke Sukabumi, yuk Mampir ke Air Panas Cisolok

Mengenal Buah Badam/Almond

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman