Memperlambat Penuaan Dini

Seiring dengan pertambahan usia, garis-garis kerutan pada wajah, kulit, terlihat lebih kendur  dan lebih kering akan terus terjadi. Hal ini dikenal sebagai penuaan intrinsik, yakni proses penuaan internal atau fisiologis yang tidak dapat kita hindari.

Namun, terdapat beberapa faktor ekstrinsik yang bisa kita pengaruhi supaya proses penuaan berjalan lebih lambat. Beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk membantu memperlambat munculnya tanda penuaan, antara lain:

1. Bersihkan kulit wajah secara teratur.

Biasakan untuk menggunakan produk pembersih/sabun yang lembut dan memiliki kandungan pelembap, serta tidak mengandung deterjen. Produk jenis ini ditandai dengan tidak banyak busa yang dihasilkan. Selain itu, hindari pula untuk menggosok kulit terlalu kuat. Kandungan deterjen dan gosokan pada kulit yang terlalu kuat dapat memicu terjadinya iritasi, yang lambat laun akan mempercepat penuaan.

2. Lindungi kulit dari sinar matahari.

Sinar matahari akan membuat kulit lebih cepat menua, hal ini telah banyak dibuktikan secara ilmiah. Istilah photoaging banyak ditemukan untuk menggambarkan bagaimana sinar matahari dapat menyebabkan penuaan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya hindari sinar matahari terutama pukul 10 hingga jam 2 sang. Topi lebar dan pakaian dengan lengan panjang ataupun celana panjang dapat membantu membatasi paparan sinar matahari langsung ke permukaan kulit. Tidak ada salahnya untuk menggunakan kaca mata gelap untuk mengurangi munculnya kerutan di sekitar mata akibat terlalu sering memicingkan mata. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan tabir surya secara rutin, setiap pagi dan siang hari, untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

3. Gunakan pelembap setiap hari.

Dengan pertambahan usia, produksi kelenjar juga berkurang. Sinar matahari, radikal bebas, cuaca, dan faktor lingkungan lainnya, menyebabkan kulit menjadi mudah kering. Kulit yang kering akan mempermudah munculnya garis-garis halus dan keriput. Karenanya, jaga kelembapan kulit Anda dengan rajin menggunakan pelembap. Pelembap sangat baik bila digunakan sesering mungkin (tergantung kondisi kulit). Namun yang pasti, wajib untuk menggunakan pelembap segera setelah mandi untuk mencuci air yang kita dapat saat mandi. Jangan lupa juga menggunakan pelembap untuk bibir. Ya! Karena tentu saja bibir juga tidak luput dari proses penuaan.

4. Bila Anda merokok, segera hentikan.

Asap rokok menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, dan kasar. Selain itu, kontraksi otot wajah saat merokok juga mempermudah timbulnya garis-garis keriput di wajah, terutama area bibir. Jadi, hentikanlah kebiasaan merokok agar wajah tidak cepat terlihat menua.

5. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bervariasi.

Kandungan gizi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari turut membantu menjaga kulit agar senantiasa sehat. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervariasi untuk mencukupi kebutuhan organ tubuh, termasuk kulit.

6. Tidur yang cukup.

Tidur memberikan waktu bagi tubuh untuk menyegarkan dan memperbaharui dirinya. Jadi, berikan waktu bagi tubuh untuk bekerja optimal dengan tidur yang cukup.

7. Rajin berolahraga.

Berbagai studi mengungkapkan bahwa olahraga secara rutin, teratur, dan tidak berlebihan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan daya tahan tubuh. Tentu saja, hal ini akan berdampak pada kulit yang sehat bercahaya dan terlihat lebih muda.

Tentu banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperlambat proses penuaan. Ingatlah, perubahan ini bisa dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari. Jadi, tidak kata terlambat untuk menunda penuaan.

Selamat mencoba!

Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Buah Badam/Almond

Mengenal Sindrom Kaki Gelisah yang dapat Merusak Kualitas Istirahat Anda