Efek Buruk Makan Yang Asin-Asin

Rasa masakan yang sudah ada memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Selain rasa manis, ada pula orang yang doyan mengkonsumsi makanan asin. Alasannya, rasa asin lebih terasa gurih di dalam mulut.

Namun, tahukah kamu bahwa makanan asin dan tinggi garam mampu membahayakan kesehatan tubuh kamu? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah efek buruk dari terlalu banyak garam dalam tubuh kamu.

Penyebab kanker perut
Garam sangat tinggi akan kandungan nitrat didalamnya. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam akan mengiritasi lapisan lambung kamu sehingga tak hanya sakit maag saja yang bisa mengenai kamu, namun juga penyakit kanker perut.

Merusak ginjal
Garam sangat mempengaruhi kerja ginjal kamu. Pertama, garam akan membuat ginjal bekerja begitu keras untuk menyaringnya. Sedangkan yang kedua, resensi air karena garam akan melemahkan pembuluh darah di ginjal kamu sehingga efek jangka panjang dari kebiasaan ini akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Menurunkan kinerja otak
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa banyak garam dalam tubuh akan mempengaruhi kerja otak dan kemampuan kognitif kamu. Sehingga secara perlahan akan menyebabkan demensia.

Memperburuk gula darah
Jika kamu penderita diabetes, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam. Sebab kelebihan garam dalam tubuh pun akan mempengaruhi kadar gula darah kamu secara drastis.

Melemahkan kekuatan tulang
Mungkin kamu tidak percaya bahwa ternyata makan banyak garam bisa melemahkan tulang kamu. Hal ini disebabkan karena garam akan merampas kalsium dalam tulang sehingga menyebabkan osteoporosis.

Meningkatkan tekanan darah
Makanan tinggi garam akan membuat tekanan darah kamu meningkat. Sebab tubuh akan membutuhkan air lebih banyak untuk mencernanya. Hal ini akan mempengaruhi volume darah dan membuat tekanannya meningkat.

Penyebab stroke
Saat tekanan darah kamu meningkat, maka secara otomatis penyakit stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya akan mengikuti.

Menyebabkan obesitas
Selain menyebabkan gangguan penyakit lainnya, saat tubuh kamu kelebihan garam maka tubuh juga jadi lebih bengkak. Sebab garam akan menyebabkan resensi cairan dalam tubuh kamu.

Mengkonsumsi garam dalam makanan boleh-boleh saja. Namun perhatikan jumlah garam yang kamu konsumsi, jangan sampai kesehatan tubuh kamu terganggu karenanya.




Komentar

Paling Banyak Dibaca 👶👦👧👨👩👴👵👷👮👸👳👲👱

Wanita Juga Bisa Kena Kanker Prostat

Polip Hidung Mengganggu Pernafasan dan Penciuman

Komunitas IndoRunners Membawa Virus Lari ke Masyarakat

Mengenal Buah Badam/Almond

Mengenal Sindrom Kaki Gelisah yang dapat Merusak Kualitas Istirahat Anda